Pages

Monday, April 1, 2013

Minta Ini Minta Itu


“Bu, aku main yang ini ya” tunjuk putriku pada permainan plosotan, belum lama berselang dia bilang lagi “ Bu, main yang itu juga ya” tunjuknya pada permainan panjat tali.
Begitulah yang akan dilakukan oleh putriku, saat diajak ke tempat bermain baik indoor maupun outdoor, selalu banyak sekali yang dimintanya dan ingin dicobanya.

Permintaan anak memang bermacam-macam terutama bila melihat sesuatu yang tidak ada di rumah atau sesuatu yang baru, semua ingin dicoba dan hal tersebut muncul dari rasa ingin tahu mereka yang besar. Putri saya, Alin (3.5 tahun) tergolong anak yang cukup berani sehingga jika ada sesuatu yang baru selalu ingin dicobanya sendiri. Awalnya saya sering khawatir, was-was dan takut kalau dia jatuh, luka atau lainnya yang membahayakan. Namun setelah saya pikir ulang, kenapa saya harus begitu khawatir karena hal-hal tersebut. Dan justru kekhawatiran kita itu yang bisa mengekang kemampuan dan daya ekplorasinya.

Main plosotan meski kadang masih perlu bantuan

Usia seperti Alin, bagi saya adalah usia dimana anak sedang senang mengeksplorasi kemampuan dalam segala hal, menunjukkan sosial kemandiriannya dan membangun percaya dirinya. Biasanya anak sudah mulai ingin main atau melakukan sesuatu tanpa dipegang atau ditemani orang tua. Beberapa tempat saya jadikan media untuk melatih putri saya sehingga dengan kebebasan yang saya berikan, dia bisa berkembang menjadi anak yang aktif dan mandiri.

Suatu saat saya mengajak Alin ke play land, biasanya saya akan membiarkan dia bermain sendiri dan saya hanya memperhatikan dari jauh. Sebelum berangkat saya bekali dahulu dengan pengetahuan tentang mainan apa saja yang ada disana, apa yang harus dilakukan dan bagaimana bila bertemu dengan teman terutama teman yang egois. Saya lihat dia aktif kesana kemari karena mencoba semua permainan yang ada.
Lain waktu saya membawanya ke kolam renang tentunya sayapun sudah membekalinya dengan apa yang sebaiknya dilakukan saat disana. Saya biarkan dia berenang sendiri tanpa bantuan saya, tetapi tetap saya mengawasinya. Kedua contoh di atas adalah contoh media tempat yang saya gunakan untuk melatih Alin menjadi anak yang aktif dan mandiri.

 Berenang sendiri melatih anak aktif dan mandiri

“Jangan main itu”, “Awas jatuh”, “Tidak boleh seperti itu”, itu adalah beberapa kata larangan yang lazim dikatakan orang tua kepada anak yang sedang aktif-aktifnya bereksplorasi. Orang tua pasti khawatir melihat anaknya melakukan sesuatu hal yang berbahaya, dalam tahap ini biasanya orang tua mengkategorikan anak dalam kategori nakal. Justru kenakalan anak ini yang membuat dia makin berkembang kecerdasan dan kemampuannya. Kalimat larangan biasanya justru membuat anak penasaran mencobanya tanpa mengindahkan apapun tetapi bila kita memberikannya kebebasan dan kita bekali anak dengan sebab akibat pada tiap permainan dan pertemuan maka kita dapat menuntun anak menjadi baik untuk sisi sosial kemandiriannya.

Tumbuh kembang seorang anak menjadi anak yang aktif dan mandiri selain dipengaruhi orang tua dalam mengajarkannya, juga dipengaruhi beberapa faktor lain seperti genetik, lingkungan dan asupan gizi. Sebagai penunjang agar kecerdasan otaknya juga berkembang, sangat baik jika kita menambahkan vitamin Sevenseas sebagai tambahan asupan gizinya. Dimana dalam vitamin Sevenseas terkandung DHA (Docosahexaeonic Acid) sebesar 224 mg dalam setiap 10 mLnya dan diperkaya multivitamin A, D, E, C, B6. Kandungan DHA sangat penting dikonsumsi anak terutama pada usia seperti Alin (pada masa keemasan) karena merupakan nutrisi bagi perkembangan otak dan sistem syaraf. Selain itu juga kandungan DHA dapat membantu pertumbuhan, daya tahan tubuh dan perkembangan kecerdasan otaknya.

Suplemen sahabat ibu bijak

Sebagai seorang ibu, saya sangat tidak ingin melewatkan masa keemasan ini karena  masa seperti ini tak kan pernah terulang kembali. Meskipun anak selalu minta ini minta itu, saya akan mencoba memberikan kebebasan serta menimbulkan kepercayaan diri dan tanggung jawab pada putri saya. Selain itu saya akan berikan yang terbaik untuk tambahan asupan gizinya. Bila saya menjatuhkan pilihan pada Sevenseas Emulsion sebagai tambahan asupan gizinya, kenapa tidak ibu-ibu yang lain mencoba menjatuhkan pilihan yang sama seperti saya.

Beberapa hal yang dilakukan untuk melatih anak aktif dan mandiri
Main dengan teman di luar rumah 

Bermain sendiri di taman bermain
 
Belajar naik turun tangga 


Tulisan ini diikutkan dalam
Lomba Blog Mom and Baby's Diary






No comments:

Post a Comment