Pages

Monday, April 15, 2013

Hebatnya DHA Untuk Perkembangan Otak Anak


Dambaan seorang ibu dimanapun berada pastinya memiliki anak yang sehat dan cerdas. Demikian juga dengan saya, karena hal tersebut saya dapat merasa menjadi ibu sempurna. Oleh karena itu, seorang ibu akan mempersiapkan dan memberikan nutrisi terbaik untuk anaknya sejak dalam kandungan sampai terlahir ke dunia bahkan sampai anak tersebut tumbuh besar.



Nutrisi yang diberikan ibu pada buah hatinya sejak dalam kandungan akan mempengaruhi perkembangan otak anak. Nutrisi ini diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh sang ibu. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu adalah DHA.

DHA adalah kata yang familiar di telinga kita, tetapi tidak semua ibu tahu apa artinya DHA untuk anak kita. DHA (docosahexaenoic acid) ialah sejenis adam lemak tidak jenuh ganda omega-3. DHA merupakan lemak utama pembentuk otak dan, retina mata dan system saraf pusat.

Pemberian DHA saat bayi berasal dari ASI, pemberian ASI sampai 2 tahun dapat menjaga pemberian DHA yang cukup dan seimbang. Setelah anak kita berikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang sampai usia 2 tahun terutama asupan DHA. Pertanyaannya sekarang apakah hal itu dapat membentuk perkembangan otak dan kecerdasaan anak secara maksimal?. Jawabannya belum , mengapa? Karena pemberian nutrisi saja tidak cukup masih memerlukan stimulasi dari orang tua terutama pada masa keemasan anak.

Masa keemasan anak, adalah satu masa yang hanya terjadi sekali dan tidak dapat terulang kembali. Pada masa ini ibu dituntut cerdas berpikir dan bertindak. Asupan nutrisi dan stimulasi menjadi perhatian besar dan menjadi konsen utama untuk para ibu. Oleh karena itulah, di masa periode emas pertumbuhan otak ini, sangat penting untuk memberikan anak  nutrisi yang mereka butuhkan untuk perkembangan otak.

Beberapa hal yang saya lakukan untuk mendukung perkembangan otak dan kecerdasaan anak adalah:
Makanan sumber DHA
  1. Memberikan nutrisi lewat makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Pada tahap ini saya merasa beruntung karena mempunyai anak yang tidak terlalu memilih makanan. Alin (3.5 tahun) putri saya termasuk anak yang tidak rewel jika diberi makan dengan sayuran dan lauk apa saja.
  2. Memberikan tambahan suplemen vitamin anak. Hal ini dimaksudkan untuk menambah asupan nutrisi yang mungkin masih kurang dari makanan dan minuman yang dikonsumsi anak.
  3. Memberikan stimulasi pada anak sesuai dengan tahapan perkembangan umurnya. Bisa dengan kita mengajak si kecil bernyanyi bersama, membacakan cerita, bermain susun balok dan sebagainya.
Stimulasi berperan pada kecerdasan anak


Menurut pakar kesehatan untuk putri saya, Alin (3.5 tahun) membutuhkan DHA sebesar 200 mg atau lebih per harinya. Salah satu vitamin anak yang mempunyai kandungan DHA yang bisa mencukupi kebutuhan untuk anak pada usia 2-5 tahun yaitu Seven Seas Emulsion. Dimana Seven Seas Emulsion mengandung DHA 224 mg per 10 ml. Vitamin anak ini saya rasa cocok untuk dikonsumsi putri saya karena sesuai dengan takaran yang diperlukan pada anak seusianya.

Sumber DHA tinggi pilihan ibu bijak

Bagi saya, DHA merupakan si hebat yang mempengaruhi perkembangan otak dan kecerdasaan anak namun seorang ibu tetap harus mengetahui tipe anak sehingga dapat memberikan stimulasi yang tepat pada anak sesuai dengan minat dan usia perkembangannya. Bila saya menjatuhkan pilihan untuk mendapatkan tambahan DHA pada Seven Seas emulsion, mengapa tidak ibu-ibu lainnya jatuh hati juga dengan pilihan saya?

Ceria dan suka belajar tanda anak cerdas

Sumber referensi


Tulisan ini diikutkan dalam
Lomba Blog Moms and Baby's Diary





No comments:

Post a Comment