Pages

Tuesday, April 23, 2013

Dibalik Anak Cerdas Ada Ibu Yang Hebat

Anak cerdas dan berprestasi adalah dambaan semua orang tua di belahan bumi manapun. Seperti halnya saya, sosok seorang ibu yang juga mendambakan putri saya Alin (kini berusia 3.5 tahun) tumbuh menjadi anak yang cerdas dan menorehkan banyak prestasi. 

Ibu adalan pemeran pertama untuk menjadikan anak cerdas, meski tak dapat ditampik bahwa ayah juga mempunyai peranan. "Wow pintar sekali anak ini, siapa ya ibunya yang membuatnya jadi pintar seperti ini" pujian seperti itu kerap akan terdengar bila seseorang bertemu dengan anak yang cerdas. Karena sejak dalam kandungan sampai lahir ke dunia, ibu bertanggung jawab untuk memperhatikan asupan gizi anak dan juga memperhatikan stimulasi yang diberikan.

Menurut saya agar anak cerdas, bukan saja memerlukan asupan gizi yang cukup tetapi membutuhkan beberapa stimulasi untuk mengasah kecerdasannya. Beberapa hal yang saya coba terapkan pada Alin untuk mengasah kecerdasannya, yaitu :
Melihat gajah dari dekat 
  1. Mengembangkan rasa ingin tahu : Suatu hari saya pernah membacakan cerita tentang gajah dan Alin timbul rasa ingin tahunya tentang badan gajah sebesar apa, telinganya selebar apa dan lainnya. Untuk memenuhi keingintahuannya selain saya menjelaskan dengan deskripsi kata dan gambar, saya juga mengajaknya ke kebun binatang. Hal tersebut berguna agar dia tahu seperti apa sebenarnya binatang gajah tersebut dan membandingkan dengan imajinasinya. Semua hal yang dia ingin tahu saya minta dia membuat imajinasi menurutnya sendiri dan ditunjukkan baik secara kata maupun gambar, dan tugas saya mencoba menjawab rasa ingin tahu Alin tersebut dengan sesuatu yang benar. Bagi saya jika rasa ingin tahu sudah melekat pada anak, ini membuat anak semakin kritis dan mengasah otaknya menjadi lebih cerdas.
  2. Menumbuhkan kepercayaan diri : PD atau percaya diri bisa dibangun dari rumah. Saat ini Alin sudah memilih dan memakai pakaian sendiri ataupun makan dengan sendiri tanpa mau dibantu. Saya sengaja membiarkannya dan pada saat selesai saya berikan pujian seperti "Sip banget Alin, sudah bisa makan sendiri" atau "Alin keren pakai baju itu apalagi pakai bajunya sendiri". Kata pujian itu dapat membantu Alin percaya diri pada apa yang dikerjakan dan diputuskannya. Menurut saya anak yang percaya diri akan lebih berani untuk bereksplorasi dan mudah menerima stimulasi.
    makan sendiri melatih percaya diri
  3. Kembangkan disiplin dan tanggung jawab : Salah satu cara disiplin yang saya ajarkan adalah toilet training, saya membiasakan sebelum tidur malam dia akan buang air kecil dahulu. Dan untuk melatih tanggung jawabnya, saya melatihnya untuk menyimpan mainan ke tempatnya setiap selesai bermain.
Untuk mendukung langkah diatas, sehingga grafiknya bergerak naik ada tambahan yang perlu kita berikan pada anak. Tambahan ini perlu ditambahkan dari dalam yaitu dengan asupan gizi yang cukup sehingga anak akan sehat dan dapat berkembang kecerdasannya dengan baik. Asupan gizi yang cukup bisa diperoleh dari makanan yang sehat dan vitamin untuk anak.

Alin termasuk anak yang aktif dan lincah, tentunya banyak aktifitas yang dilakukannya.Untuk anak yang aktif seperti Alin sebaiknya memberikan vitamin yang mengandung Omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan otak, melindungi sel-sel otak, serta memastikan otak dan retina mata bekerja dengan optimal. Salah satu vitamin terbaik untuk anak  yang dapat dijadikan pilihan adalah Seven Seas Emulsion.  Kandungan Seven Seas sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan kondisi tubuh anak, karena di dalamnya terkandung Omega 3, vitamin A, D, E, C, B6 selain itu mengandung minyak hati ikan Cod. 

Seven Seas merupakan vitamin untuk anak

Siapa tak ingin punya anak cerdas, tentu tak seorang ibu pun yang menolaknya. Ibu yang hebat dan bijak tentu akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Kasih sayang ibu akan diberikan baik dari dalam dan luar. Kasih sayang dari dalam berupa pemberian makanan sehat, bergizi dan vitamin, sedangkan dari luar berupa pujian, penghargaan dan stimulasi . Sekarang bagaimana kita bisa menjadi ibu yang hebat buat si buah hati yang cerdas, semua jawabannya ada di tangan para ibu.

Referensi


Tulisan ini diikutkan dalam 
Lomba Blog Moms and Baby's Diary

No comments:

Post a Comment