Pages

Friday, May 3, 2013

Selamatkan Bumi Dengan Teknologi Hijau

Pernahkah anda merasakan sejuk dan leganya saat kita bernafas bila sedang jalan-jalan di desa ? Jawabannya mungkin pernah mungkin juga tidak pernah. Di desa yang masih jauh dari keramaian kendaraan bermotor akan terasa lebih sejuk dan segar udaranya. Berbeda dengan di kota yang telah ramai dengan hiruk pikuk kendaraan bermotor seperti motor dan mobil. Asap kendaraan yang hitam dan mengepul membuat kita terasa sesak saat menghirup udara dan tentunya berton-ton partikel racun yang ikut masuk ke dalam paru-paru kita.

selamatkan bumi dari kehancuran
Bumipun mulai mengalami "sakit" akibat terjadinya pemanasan global. Lapisan ozon sudah mulai menipis, kelestarian alam mulai mengalami degradasi, perubahan iklim yang tidak menentu, udara bersih dan sehat sudah sulit kita dapatkan. Semua hal tersebut merupakan beberapa efek yang ditimbulkan dari kemampuan manusia untuk membuat suatu teknologi. Salah satu teknologi buatan manusia yaitu pembuatan kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor. Mobil bagian dari hal itu merupakan salah satu penyumbang efek pemanasan global, dimana asap yang dikeluarkan mengandung emisi gas CO2 sebagai sumber dari polusi udara.

Manusia mulai sadar untuk membenahi dan memperbaiki keadaan ini, maka beramai-ramai semua orang menyuarakan Go Green. Segala upaya dilakukan untuk menyehatkan keadaan bumi, semuanya mengarah pada penghijauan. Mulai dari penanaman pohon yang dimulai dari lingkungan di sekitar kita sendiri, menjaga pohon-pohon yang ada dari tindakan penebangan liar dan terus menjaga kelestarian lingkungan. Untuk industri-industri yang menghasilkan produk sebagai penyumbang kerusakan alam mulai tersentuh untuk menggunakan teknologi hijau pada proses produksinya.

Teknologi hijau adalah penggunaan ilmu/sains tentang lingkungan untuk melestarikan alam  sekitar dan mengendalikan dampak negatif akibat aktifitas manusia. Harapannya dengan teknologi hijau kegiatan manusia dapat menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan tidak merusak keadaan lingkungan alam.

Daihatsu salah satu produsen mobil yang telah berkiprah di dunia otomotif selama 105 tahun merasa tersentuh untuk menggunakan teknologi hijau  Sasaran penggunaan teknologi ini adalah memproduksi mobil yang ramah lingkungan dan tentunya harganya masih terjangkau oleh masyarakat. Dikarenakan hal tersebut maka Daihatsu mencoba melakukan 3 tahapan dalam membangun teknologi hijaunya.

Bagan tiga tahapan teknologi hijau Daihatsu

Tiga tahapan yang dilakukan Daihatsu untuk menghasilkan mobil ramah lingkungan adalah :

  • Tahap 1 : "Eco-Idle" merupakan teknologi  yang diharapkan dapat mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar, selain itu sistem ini mampu mengatur hidup atau matinya mesin secara otomatis terutama pada saat jalan macet. Sistem I-EGR pada mesin menjadikan mesin mampu melakukan pembakaran sempurna dan mengeluarkan gas CO2.

  • Tahap 2 : Pemakaian mesin 2 silinder turbocharged, dengan penggunaan 2 silinder mesin memiliki komponen yang ringan selain itu pembakaran bahan bakar menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan ditunjang "active ignition system" dan berbagai pengembangan lainnya, maka efisiensi bahan bakar bisa mencapai 30%.

  • Tahap 3 : Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC), dimana bahan pembuatan mobil berasal dari sumber daya alam dan bukan berasal dari logam mulia. Akibatnya harga kendaraan ini murah dan dapat terjangkau konsumen. Selain itu berfokus pada penggunaan bahan bakar baru yaitu Hidrazin Hidrat, ini sangat tepat untuk mobil ramah lingkungan karena memiliki kepadatan energi rendah sehingga akan menghasilkan gas buangan/emisi CO2 nol. 


Semua tahapan yang dilakukan Daihatsu ini merupakan komitmen untuk menciptakan mobil kompak yang ramah lingkungan, efisien bahan bakarnya dan tentu harganya murah dan terjangkau.

Dengan menggunakan mobil  Daihatsu, artinya kita juga sudah berpartisipasi untuk menyelamatkan bumi yang kita tempati ini, demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak nantinya. Jangan ragu lagi untuk memilih Daihatsu sebagai sahabat berkendara keluarga.


Mobil-mobil Daihatsu yang ramah lingkungan

Referensi


2 comments:

  1. berkunjung , motto yang sangat bagus sekali.

    ReplyDelete
  2. terimakasih mba Erin, meski tidak masuk kriteria pemenang, tapi cukup senang dengan harapan saya seperti di judulnya

    ReplyDelete